Tips Cara Menulis Surat Lamaran Kerja
Tips Cara Menulis Surat Lamaran Kerja - Pada kesempatan kali ini akan berbagi Tips Cara dalam menulis Surat Lamaran Kerja yang baik dan Bagus. Bagi kita ketika mencari dan ingin membuat sebuah lamaran pekerjaan maka dibutuhkan trik dan tips khusus agar kita dapat diterima di suatu instansi atau suatu perusahaan. Misalnya kita dalam mengajukan sebuah lamaran pekerjaan harus bisa membuat lamaran pekerjaan yang baik dan juga benar serta bagus dan juga menimbulkan ketertarikan bagi pembaca atau penyeleksi surat lamaran kerja kita. Berikut adalah Contoh Pembuatan Lamaran Pekerjaan yang bagus dan baik.
Tips Susunan Penulisan Lamaran Pekerjaan
- Data pribadi anda
Nama Lengkap
Tempat dan Tanggal Lahir
Alamat
Telepon / HP
E-mail (tidak wajib)
Status Perkawinan
- Pendidikan
Pendidikan formal misalnya SD/SMP/SMA/Akademi/S1, dsb.
Pendidikan non formal seperti halnya kursus atau pelatihan yang pernah anda ikuti.
- Pengalaman bekerja
Jika anda telah memiliki pengalaman kerja, sebutkan dalam surat lamaran, apakah sesuai dengan jabatan yang dilamar atau di bidang lain. Bila anda belum pernah bekerja sebaiknya menyebutkan kemampuan untuk jabatan yang dilamar berdasarkan kemampuan yang anda miliki.
- Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan
Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curriculum Vitae) atau Resume
Foto copy Ijazah terakhir
Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
Pas Foto terbaru
Surat Keterangan Catatan Kepolisian (tidak wajib)
Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter (tidak wajib)
Selanjutnya di bawah ini adalah Sedikit Deskripsi dalam Penulisan Lamaran Pekerjaan :
- Impresif
Tampilkan jati diri kita secara menarik. Isi surat hendaknya dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu arogan tetapi juga tidak terlalu merendah. Untuk Menarik minat calon atasan,
Kesan pertama sangat penting. Usahakan untuk menyusun surat yang ketika seseorang mulai membacanya, akan langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah kriteria kita
- Menyebutkan kualifikasi yang diraih
Prestasi kerja maupun pengalaman yang sukses harus disebutkan, untuk menunjukkan bahwa kita mempunyai prestasi dan pengalaman yang patut dipertimbangkan.
- Menggunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas dan padat
Gunakan bahasa yang sederhana dan ringkas. Kita mempunyai kesempatan untuk menjabarkan semuanya dalam kesempatan wawancara. Untuk saat ini, buatlah penjelasan yang singkat tetapi efektif.
- Kalimat yang efektif
Hindari kalimat yang tidak efektif, kalimat yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. Yang sering terjadi adalah penggunaan kata keterangan yang berulang-ulang, atau kata sambung yang berulang-ulang, yang menyebabkan kalimat terasa janggal, yang persis seperti kalimat yang sedang anda baca saat ini, yang menggunakan kata sambung “yang” secara berulang-ulang dan berlebihan.
- Bahasa Indonesia saja
Jika tidak diminta, hindari penggunaan bahasa Inggris, terutama jika kemampuan bahasa Inggris kita kurang baik. Jika bahasa Inggris kita bagus, boleh saja membuat surat lamaran berbahasa Inggris, yang tentu saja merupakan sebuah “nilai plus” bagi kita.
- Tujuan dan alasan melamar
Cantumkan tujuan dan alasan kita melamar. Biasanya tujuan yang sering disebutkan dalam surat lamaran adalah bahwa kita mempunyai kemampuan dan pengalaman yang memadai dalam bidang pekerjaan tertentu, dan dengan bergabungnya kita ke suatu perusahaan akan dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi perusahaan tersebut.
- Kerapihan
Gunakan kertas yang bagus, bersih dan rapih, tidak kusut, tidak tebal dan tidak mudah terkoyak. Jangan menulis atau mencetak dengan tinta yang terlalu tipis agar surat lamaran mudah dibaca, dan hindari penggunaan tip-ex.
- Tulisan tangan atau komputer ?
Lebih baik menggunakan komputer, kecuali perusahaan yang kita tuju mensyaratkan agar surat lamaran ditulis dengan tangan. Agar diperoleh kualitas tulisan yang setara dengan kualitas tulisan dari mesin cetak, sebaiknya gunakan printer inkjet atau laser, dan hindari penggunaan printer dot matrix karena akan memberi kesan kita orang yang tertinggal dalam hal teknologi. Gunakan jenis font standar, seperti Times New Roman untuk memberi kesan formal.
Pembahasan selanjutnya adalah mengenai Contoh Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar
KepadaYth.
Departemen HRD _______________
di tempat
Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan pada acara job fair yang diadakan di DBL Arena pada tanggal 26-28 September 2012, saya merasa memenuhi kriteria untuk menjadi pegawai di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya bermaksud mengajukan lamaran untuk menjadi
Saya telah menyelesaikan studi dan dinyatakan lulus dari Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Surabaya pada bulan September 2011 dengan IPK 3,07 dan akan melaksanakan wisuda pada tanggal 9 Oktober 2011. Selama menjalani studi, saya aktif dalam berbagai kegiatan akademik, pelatihan, dan organisasi kemahasiswaan. Saya juga mampu mengoperasikan Microsoft Office, software design, dan programming seperti yang saya cantumkan pada Curriculum Vitae.
Sebagai pertimbangan, saya merupakan orang yang pekerja keras, mampu bekerja dalam tim, mampu bekerja dibawah tekanan, mampu bekerja sama dengan baik, dan mempunyai motivasi yang tinggi dalam bekerja.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Pasfoto terbaru 4x6,
2. Foto copy KTP,
3. Foto copy SKL,
4. Sertifikat-sertifikat.
Saya menyadari bahwa surat lamaran maupun Curriculum Vitae yang terlampir belum menjelaskan kualifikasi saya secara mendalam. Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan adanya suatu kesempatan wawancara untuk menjelaskan lebih detail tentang potensi saya.
Demikian surat lamaran ini dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Surabaya, 26 September 2012
Hormat saya,
Ahmad Fulan
KepadaYth.
Departemen HRD _______________
di tempat
Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan pada acara job fair yang diadakan di DBL Arena pada tanggal 26-28 September 2012, saya merasa memenuhi kriteria untuk menjadi pegawai di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya bermaksud mengajukan lamaran untuk menjadi
Saya telah menyelesaikan studi dan dinyatakan lulus dari Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Surabaya pada bulan September 2011 dengan IPK 3,07 dan akan melaksanakan wisuda pada tanggal 9 Oktober 2011. Selama menjalani studi, saya aktif dalam berbagai kegiatan akademik, pelatihan, dan organisasi kemahasiswaan. Saya juga mampu mengoperasikan Microsoft Office, software design, dan programming seperti yang saya cantumkan pada Curriculum Vitae.
Sebagai pertimbangan, saya merupakan orang yang pekerja keras, mampu bekerja dalam tim, mampu bekerja dibawah tekanan, mampu bekerja sama dengan baik, dan mempunyai motivasi yang tinggi dalam bekerja.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Pasfoto terbaru 4x6,
2. Foto copy KTP,
3. Foto copy SKL,
4. Sertifikat-sertifikat.
Saya menyadari bahwa surat lamaran maupun Curriculum Vitae yang terlampir belum menjelaskan kualifikasi saya secara mendalam. Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan adanya suatu kesempatan wawancara untuk menjelaskan lebih detail tentang potensi saya.
Demikian surat lamaran ini dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Surabaya, 26 September 2012
Hormat saya,
Ahmad Fulan
Itulah sederatan pembahasan mengenai Tips Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar, semoga dapat bermanfaat.
Tips Cara Menulis Surat Lamaran Kerja
9out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Posted by : Gadis ~ / Software, Blog Tips and Trik, Tutorial , Internet, Bisnis
Artikel Tips Cara Menulis Surat Lamaran Kerja diposting oleh Gadis . Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, hanya mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini. Terima kasih. Happy blogging
0 komentar:
Posting Komentar