Cara Cepat Hamil

Tips Cara Mencegah dan Menurunkan Resiko Diabetes



Tips Cara Mencegah dan Menurunkan Resiko Diabetes - Diabetes adalah penyakit yang disebabkan tingginya kadar gula dalam tubuh seseorang dan dapat menjadi penyebab awal terjadinya komplikasi penyakit pada tubuh, sekaligus memungkinkan penderita diabetes lebih rentan untuk terkena sakit jantung, stroke maupun sakit lainnya. Untuk itu perlu adanya pencegahan sebelum terjadi. Untuk disini ada beberapa Tips dalam mencegah Diabetes.
Mencegah Diabetes
  • Berat badan yang seimbang
Berat badan yang terlalu berlebih mengindikasikan banyaknya tumpukan lemak dalam diri anda. Tumpukan lemak ini didapatkan dari zat-zat makanan dan minuman yang masuk dalam diri anda. Sebagian besar dari zat-zat ini mengandung glukosa. Ini berarti ada begitu banyak glukosa di dalam tubuh jika anda mengalami obesitas. Hal tersebut juga akan mengganggu produksi dan penggunaan hormon insulin yang menjadi penyebab terjadinya diabet.
  • Gen anda berarti
Diabet juga bisa menjadi penyakit yang diturunkan. Jika banyak dalam keluarga anda yang menderita diabetes, berarti besar kemungkinan anda juga memiliki potensi tinggi menderita diabetes. Ketahui riwayat keluarga anda dan cegah semenjak dini.
  • Olahraga
Dengan olahraga yang teratur aliran darah lancar dan dapat membantu mengontrol berat badan anda. Ini juga bisa membantu mencegah diabet. Hal ini sangat disarankan bagi orang-orang yang mempunyai resiko tinggi terkena diabet.
  • Pemeriksaan rutin
Setiap orang yang berusia diatas 45 tahun harus memiliki jadwal rutin pemeriksaan kadar gula darah setiap 3 tahun sekali. Namun, jika seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi, pemeriksaan rutin harus dimulai pada usia lebih dini. Segeralah periksakan diabet anda ketika anda sudah merasakan tanda-tanda awal diabet, seperti lemas dan mengantuk di pagi hari.
  • Monitor tekanan darah secara teratur
Sekitar 73 persen orang dewasa dengan diabetes ternyata juga menderita tekanan darah tinggi.
  • Tingkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran segar
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bioflavonoid, zat warna dalam buah-buahan dan tanaman, akan merangsang produksi insulin dan menghambat glikasi atau proses pemecahan ikatan molekul glukosa dengan protein sehingga merangsang pembentukan Advenced Glycation End products (AGE).
  • Diet sehat dan seimbang
Makanlah makanan yang sehat dan seimbang. Jika, anda penderita diabetes sebaiknya jangan memakan makanan yang mengandung lemak tinggi dan kadar gula yang tinggi. Penting sekali bagi para penderita diabetes untuk membatasi jumlah gula dan karbohidrat yang dikonsumsi karena penderita juga harus menyeimbangkan cara kerja insulin.
Tips Menurunkan Resiko Diabetes
  • Ikan Salmon
Ikan Salmon juga dianggap sebagai obat untuk menurunkan resiko diabetes.
  • Keju
Berdasarkan penelitian di American Jornal of Cinical Nutrition, orang yang mengonsumsi keju memiliki penurunan risiko diabetes sebesar 12 persen.
  • Buah dan sayur
Mengonsumsi banyak buah dan sayuran bisa membantu menurunkan risiko diabetes, menurut Medical Daily. Orang yang memakan lebih banyak variasi sayur dan buah memiliki risiko diabetes yang lebih kecil. Jadi, jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan sayur dan buah-buahan setiap hari.
  • Kopi
Peneliti di China menemukan bahwa kopi bisa menghentikan kinerja protein yang berkaitan dengan diabetes tipe-2. Kopi bisa mencegah protein tersebut tumbuh dan berkembang, sehingga menurunkan risiko diabetes. Kafein, chlorogenic acid, dan caffeic acid dalam kopi dipercaya mampu menurunkan risiko diabetes.
  • Kacang
Menurut ilmuwan di Louisiana State University Agricultural Center, orang yang secara teratur mengonsumsi kacang (seperti walnut, almond, dan mede) memiliki risiko terkena diabetes, penyakit jantung, dan gangguan metabolisme yang lebih rendah. Kacang mengandung kolesterol baik dan mengurangi protein penyebab peradangan, C-reactive protein.
  • Apel dan blueberry
Apel, pear, dan blueberry bisa menurunkan risiko diabetes, menurut penelitian di American Journal of Clinical Nutrition. Ini karena buah-buahan tersebut mengandung zat anthocyannins yang mampu mengurangi risiko diabetes.
Itulah pembahasan mengenai Tips Cara Mencegah dan Menurunkan Resiko Diabetes, semoga menambah pengetahuan kita.
Tips Cara Mencegah dan Menurunkan Resiko Diabetes 9out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.


Posted by : Gadis ~ / Software, Blog Tips and Trik, Tutorial , Internet, Bisnis

Artikel Tips Cara Mencegah dan Menurunkan Resiko Diabetes diposting oleh Gadis . Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, hanya mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini. Terima kasih. Happy blogging

0 komentar:

Posting Komentar